Logo

KOMISIONER

PROFIL ANGGOTA KPU KOTA BLITAR PERIODE 2019-2024

 

CHOIRUL UMAM, S.Pd.

KETUA MERANGKAP  DIVISI KEUANGAN ,UMUM , RUMAH TANGGA DAN LOGISTIK

 

Berlatar belakang pendidikan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Malang (2001), setelah sempat mengenyam studi Perbandingan Agama di Universitas Muhammadiyah Surabaya, meskipun hanya satu semester, pria kelahiran surabaya 8 maret 1974 ini memiliki hasrat kuat untuk mampu menterjemahkan karya-karya berbahasa Inggris yang bertema sosial agama. Sejak remaja telah menempa diri di banyak aktivitas, karenanya semasa mahasiswa ia pun tidak bisa berdiam diri untuk tidak beraktivitas dalam dunia pergerakan.

Sejak memasuki dunia kampus, ia menjatuhkan pilihan organisasi kemahasiswaannya pada Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) hingga akhir masa kuliahnya, selain juga sempat menimba pengalaman jurnalistiknya pada koran kampus “Bestari” dan majalah Fakultas “Didaktik” sebagai wartawan yang dilakoninya di awal-awal menjadi mahasiswa. Tahun 2000 dipercaya menjadi Ketua Senat FKIP UMM dan di tahun yang sama bersama-sama sejawatnya mendirikan NGO yang bergerak di bidang pemikiran sosial dan agama, Religious and Social Studies (Resist) Malang dan dipercaya sebagai Sekretaris. 

Meskipun sudah tidak lagi menjadi mahasiswa, jiwa berserikatnya tidak bisa padam dimana sekitar tahun 2010 sempat dipercaya sebagai Sekretaris Umum Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Blitar, juga sebagai Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Blitar Karir. Disamping itu, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Bakesbangpol memberikan kepercayaan sebagai Sekretaris Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) selama 3 periode, selain tetap aktif di Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM), Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Blitar, serta Ketua Forum Keluarga Alumni (Fokal) IMM Blitar.

Riwayat pekerjaannya diawali sebagai translator freelance pada sejumlah penerbitan dan memiliki beberapa karya terjemahan. Tahun 2005, sempat menjadi Kepala SD Aisyiyah Jatinom, sembari mengelola event organizer berbasis di Malang. Tahun 2009 mencoba peruntungan dengan ikut serta dalam rekrutmen anggota KPU Kota Blitar periode 2009-2014 tetapi keberuntungan belum berpihak meskipun masuk sampai 10 besar. Tahun 2014 menjadi awal pengalaman menjadi penyelenggara Pemilu setelah akhirnya berhasil masuk 5 besar seleksi KPU Kota Blitar dan dalam Rapat Pleno ditetapkan sebagai nahkoda Divisi Teknis dan Data (yang di kemudian hari menjadi Divisi Perencanaan Data dan Informasi) untuk periode 2014-2019. Tahun 2019 ternyata kepercayaan masih disematkan kepada pria yang telah dikaruniai 5 orang anak ini, dan melalui Rapat Pleno, secara aklamasi, diamanahi sebagai Ketua KPU Kota Blitar untuk periode 2019-2024. 

 

  

                                                                                                                                                                                                                         

    RANGGA BISMA ADITYA S.Sosio.

     DIVISI SOSIALISASI, PENDIDIKAN PEMILIH, PARTISIPASI MASYARAKAT  DAN   SDM

 

Lahir di Kediri pada tanggal 25 Juni 1988, menjadikannya sebagai anggota komisioner KPU Kota Blitar termuda dalam periode 2019-2024. Sebelum dilantik menjadi anggota Komisioner, aktif dalam beberapa organisasi seperti KONI Jawa Timur (2017-2019), Perkumpulan Gerakan Kebangsaan Blitar Raya (2019), Asosiasi Sosiologi Kota Blitar (2018-2019), Dewan Kesenian Kabupaten Blitar (2018-2019), Pemuda Pancasila Kota Blitar (2018-2019), dan Ikatan Sarjana Rakyat Indonesia (2017-2019). Pernah menjabat sebagai Direktur PKBM Tunas Pratama Kota Blitar 2016-2019, Tim Penyusun Pokok Pikiran Kebudayaan Kabupaten Blitar 2018, Sekretaris Umum Dewan Kesenian Jawa Timur periode 2014-2016, Ketua Umum Koordinator Daerah GMNI Jawa Timur periode 2011-2013, Departemen Organisasi dan Kaderisasi HIPMI Jawa Timur 2015-2018, Direktur Taman Baca Masyarakat Gema Pustaka Kota Blitar, dan BEM Fisip Universitas Airlangga Surabaya 2008-2009.

Alumnus Program Studi S1 Sosiologi Universitas Airlangga ini juga aktif sebagai penulis, narasumber dan moderator dalam beberapa bidang diantaranya sosiologi, demokrasi, kebudayaan, kebangsaan, kepemudaan, ekonomi kreatif, dan pendidikan masyarakat. Penah menulis dan menjadi editor beberapa buku seperti Proyeksi Kesenian Jawa Timur, Kitab Rembug Seniman Jawa Timur, dan Catatan Kreatif Rintisan Tokoh Film Jawa Timur.

 Dalam hal Riset, pernah aktif sebagai peserta magang kerja Sekretariat Badan Pengembangan dan Pengkajian Kebijakan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia 2010, peneliti lapangan di LPPM Universitas Airlangga Surabaya tahun 2011-2013 dan peneliti lapangan di Pusat Penelitian Politik LIPI tahun 2014. Saat ini Rangga Bisma Aditya dipercaya sebagai Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kota Blitar periode 2019-2024.

 

                  

NINIK SHOLIKHAH, S.Pd

   DIVISI PERENCANAAN, DATA, DAN INFORMASI

 

 

Lahir di Blitar, tanggal 28 Maret 1981 Alumnus Universitas Muhammadiyah Malang Program Studi Pendidikan Matematika & Komputasi. Meniti karir diawali dari seorang  honorer di Sekolah Dasar Negeri tepatnya sejak 21 Juni 2007 sampai dengan pada akhirnya dapat bergabung di KPU Kota Blitar periode 2019-2024. Dan selama di honorer aktif dalam berbagai kegiatan organisasi kemasyarakatan dan penyelenggara pemilu di kota Blitar. Tergabung aktif dalam KKOP (Kelompok Kerja Operator Pendataan) mulai 2011, Bendahara Forwara (Forum Sukwan Sekolah Negeri Kota Blitar) mulai 2012 sampai dengan bergabung dalam keluarga besar KPU Kota Blitar.

Dalam penyelenggaraan pemilu aktif mulai Pemilu Legislatif 2009 (PPS), Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Blitar 2010 (PPS), Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2013 (PPK), Pemilu Legislatif 2014 (PPK), Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 (PPK), Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Blitar 2015 (PPK), Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim 2018 (PPK), Operator Situng 2019.

 

 

 

        

Edi Saputra S.Pd.

 DIVISI HUKUM DAN PENGAWASAN

                                                                                                                                                                                                                                            

         

Pengalamannya sebagai jurnalis dan redaktur di media harian regional hinga nasional  beririsan dengan isu serta tema kepemiluan. Diskursus demokasi dan tern politik elektoral tidak berjarak jauh dengan aktifitas rutunitas dirinya. Tidak mengherankan, selain kerap menulis peristiwa dan tahapan kepemiluan di media massa, ia juga dipercaya mengisi ruang -ruang publik sebagai moderator hingga narasumber. Bersama dengan lembaga penyelenggara pemilu ia kerap tampil di acara talkshow di radio lokal. Di Blitar  Bang Edy sapaan akab pria kelahiran Bengkalis Riau tahun 1973 ini sempat menjadi panelis debat pilkada Kabupaten Bliar tahun 2010 yang diselenggarakan KPU setempat. Pada 2014, mantan aktifis pers kampus di IAIN Sunan Ampel (Kini IAIN Tulungagung) itu juga aktif menginisasi gerakan Piolitik Bersih dengan mengelar Workshop Citizen Jurnalisme untuk Politik Bersih. Debut penulis buku Memotret Negeri, Mendaras Ulang Jurnalisme Makna (Intrans, 2017) ini juga terendus sebagai pegiat Pemilu Berintegritas dalam bentuk sosialisasi, advokasi dan edukasi tema "Pemilu untuk Rakyat" kolaborasi Blitar Corruption Watch (BCW) dan Malang Corruption Watch (MCW) 2004. Komitmen  pria  yg kini dipercaya sebaga Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Blitar juga terendus  dalam dunia kepenyairan..Dua puisinya , "Senyumku Ada Lima" dan "Lagu untuk Bento"  masuk dalam antologi Puisi Menolak Korupsi (PMK-2013) Penyair Indonesia terbitan Forum Sastra Surakarta, bersama Sutardji Calzoum Bahri, Gol A Gong hingga Sosiawan Leak. Jejak lain, ayah dua anak ini pernah aktif menapaki dunia berkesenian sebagai Ketua Litbang Dewan Kesenian Kabupaten Blitar tahun 2005 -2010 saat digawangi Bagus Putu Parto. Pegiat demokrasi ini juga  sempat berjibaku sebagai aktifis ekstra kampus yakni HMI dari tingkat cabang, wilayah hingga Pengurus Besar.

 

  

    Hernawan Miftakhul Khabib S.Pd.I

    DIVISI TEKNIS PENYELENGGARA

                                                                                                                                                                                                                                          

Lahir di Blitar, tanggal 23 Oktober 1987, pemuda bernama lengkap Hernawan Miftakhul Khabib yang akrab di panggil Mas Habib adalah alumnus STAIN Tulungagung yang sekarang menjadi IAIN Tulungagung tahun2011, beralamatkan di JL Tidar No 10 Kauman Kota Blitar. Banyak orang menyebutnya kampung Gresikan dan sekarang lebih akrab dengan Camondan. Mulai meniti karir di madrasah ibtidaiyah tahun 2011 sampai dengan dengan bergabung di keluarga besar KPU Kota Blitar. Selain di madrasah juga aktif di penyelenggara, mulai dari KPPS sebagai KPPS 5 dalam Pemilihan Kepala daerah tahun 2010, lanjut PPK dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2013, Pemilu Legislatif tahun 2014 dan Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2014, Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Blitar tahun 2015 dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur di tahun 2018. Dan sekarang aktif di KPU Kota Blitar sebagai Komisioner di Divisi Teknis tahun untuk periode 2019 – 2024. Aktif di organisasi mulai dari Pemuda Remaja Masjid Agung sebagai ketua tahun 2012 – 2015 di periode pertama dan 2015 – 2018 di periode ke dua yang ini menjadi modal awal dalam membangun sebuah jejaring.