Logo
images

Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, KPU Kota Blitar Ikuti Sosialisasi dan Simulasi Control Evironment Evaluation CEE, Pembangunan Infrastruktur dan Implementasi RTP

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar ikut serta dalam giat siang Sosialisasi dan Simulasi Control Environment Evaluation (CEE), Pembangunan Infrastruktur dan Implementasi Rencana Tindak Pengendalian yang diselenggarakan oleh KPU Jawa Timur, Rabu (25/08). Dilaksanakan melalui daring KPU Provinsi Jawa Timur mengundang 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Dibuka langsung oleh Ketua KPU Jawa Timur, kegiatan dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman atas penyelenggaraan Sistem Pengendaliasn Intern Pemerintas (SPIP). Anam mengungkapkan jika praktik CEE dalam penyelenggaraan SPIP adalah wujud penguatan kelembagaan.

“Penguatan kelembagaan dimana dalam hal ini menunjukkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance), melalui penyelenggaraan kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan,pengamanan asset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan yang dapat dijadikan sebuah evaluasi dalam persiapan menyongsong Pemilu dan Pemilihan tahun 2024,”tutur Anam.

Selaras dengan pernyataan tersebut, Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Provinsi Jawa Timur Muhammad Arbayanto menuturkan jika satker benar-benar harus menysun RTP dengan baik. “Control Environment Evaluation (CEE) ini adalah satu dari bagian dari RTP, bagian ini yang merupakan bagian yang paling penting dalam penyusunan RTP karena lingkungan pengendalian ini berkaitan dengan lintas bagian dalam keorganisasian kelembagaan setiap pemerintahan tidak hanya KPU sebetulnya, kita juga harus mampu mengidentifikasi persoalan yang mungkin muncul pada masing masing satker,” tutur Arbayanto.

Lebih lanjut Arbayanto berharap melalui kegiatan sosialisasi dan simulasi CEE ini KPU Kabupaten/Kota cukup mempunyai pendalaman bagaimana memahami yang dimaksud dengan lingkungan pengendalian.  Dalam kesempatan tersebut KPU Provinsi Jawa Timur memberikan penghargaan kepada 6 (enam) KPU Kabupaten/Kota atas hasil pengisian RTP dengan kategori baik, KPU Kabupaten Tulungagung, KPU Kabupaten Pasuruan, KPU Kabupaten Bojonegoro, KPU Kota Kediri, KPU Kota Probolinggo dan KPU Kota Mojokerto.(Hms/Kot).

 


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar