Logo
images

Urgensi Literasi Demokrasi Dalam Meningkatkan Kualitas Demokrasi, KPU Kota Blitar Gelar Webinar Nasional Literasi Demokrasi dan Launching Buku Pemilihan

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Pemilihan Tahun 2020  dilaksanakan di era pandemi covid-19. Dalam pelaksanaannya, Pemilihan Seretak Tahun 2020 di Jawa Timur cukup menorehkan prestasi yang  baik. Selaras dengan keberhasilan pelaksanaan Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Jawa Timur, penting kiranya KPU sebagai penyelenggara Pemilihan untuk mendokumentasikan momen tersebut dalam bentuk  buku. Dimana dalam hal literasi demokrasi, buku tersebut memperkaya referensi dan melengkapi pengetahuan dalam dunia penyelenggaraan pemilu dan pemilihan di Indonesia.

Kesadaran untuk memahami realitas yang terjadi, maka penting membangun literasi demokrasi di masyarakat. Bahkan peran untuk membangun literasi demokrasi pun harus disosialisaskan, keran literasi demokrasi hakikatnya perpaduan pengetahuan, kompetensi dan sikap dalam menyikapi realitas demokrasi. Dari latar belakang tersebut Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar dengan menggandeng KPU Jawa Timur, Bawaslu Provinsi Jawa Timur, KPU Kota Surabaya, KPU Kabupaten Trenggalek, dan KPU Kabupaten Situbondo menggelar Webinar Nasional “Literasi Demokrasi dan Launching Buku Pemilihan”.

Webinar dilaksanakan pada Kamis (10/06) melalui zoom meeting dan live Youtube KPU Kota Blitar, Youtube KPU Provinsi Jawa Timur dan Bawaslu Provinsi Jawa Timur. Webinar Nasional Literasi Demokrasi  diikuti oleh seluruh Anggota KPU Kota/Kab Divisi Sosdiklih Parmas KPU Kota/Kabupaten se Jawa Timur dan masyarakat umum yang telah melakukan registrasi.

Kegiatan webinar dibuka oleh Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Provinsi Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro . Ia menyampaikan apresiasi terhadap KPU Kota/Kabupaten se-Jawa Timur yang telah melakukan pengembangan literasi demokrasi di lingkungan KPU Jawa Timur. Dengan adanya literasi demokrasi, KPU mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dan mebuktikan bahwa pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020 di Jatim berjalan sukses.

“Partisipasi pemilih pada Pemilihan Serentak Tahun 2020 kemarin mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan pemilihan sebelumnya. Sehingga, dokumentasi menjadi urgensi agar pencapaian-pencapaian baik ini dapat memberi pembelajaran dan pengharapan bagi pemilih”, tutur Gogot. Lebih lanjut Gogot juga menyampaikan bahwa dokumentasi menjadi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan literasi informasi demokrasi dan kepemiluan di tengah masyarakat.

  

Webinar Nasional “Literasi Demokrasi dan Launching Buku Pemilihan” ini menghadirkan juga Anggota KPU Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kota Blitar Rangga Bisma Aditya, Kota Surabaya Subairi, Kabupaten Trenggalek Nurani Soyomukti, Kabupaten Situbondo Imam Nawawi sebagai narasumber ahli.  Selain itu, menghadirkan Bawaslu Jawa Timur Divisi Penyelesaian dan Sengketa, Totok Hariyono  yang didapuk sebagai Pembedah Buku dari 4 KPUKota/Kabupaten yang telah menerbitkan Buku Pemilihan. Totok menuturkan bahwa dokumentasi penyelenggara Pemilihan Serentak 2020 merupakan sebuah langkah strategis.

“Menuliskan sebuah buku pemilihan merupakan sebuah langkah strategis penyelenggara. Sehingga ada rekam jejak administrasi atas Pemilihan yang telah diselenggarakan. Kedepan Kita bisa mengakses informasi kenapa daerah ini parmasnya bisa tinggi dan apa saja yang melatarbelakanginya. Selain itu, pendokumentasian ke dalam bentuk buku ini penting untuk meningkatkan budaya literasi dan baca,” tutup Totok.

Acara ditutup sekitar pukul 13.00 WIB dengan closing statement dari masing-masing pembicara. Bahwa literasi  demokrasi bukanlah sebatas diskursus tanpa aksi, melainkan panduan antara pengetahuan, ketrampilan sekaligus sikap dan tindakan sebagai warga Negara. Output literasi demokrasi diharapkan mampu menjadi pendewasaan demokrasi, transfer knowledge, regenerasi aktor demokrasi, penguatan konsolidasi kebangsaan dan puncaknya menjaga kedaulatan rakyat.(Hms/Kot).


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar