Logo
images

TKP Lahirkan Gagasan dan Rekomendasi Perbaikan Pemilu

Bogor, kpukotablitar.go.id– Perhelatan pemilu dan pemilihan kepala daerah kerap memunculkan dinamika. Dan Tata Kelola Pemilu (TKP) hadir menjadi salah satu solusi menjawab dinamika tersebut melalui gagasan, masukan dan rekomendasi yang akademis, untuk perbaikan dan diaplikasikan dipelaksanaan pemilu serta pemilihan berikutnya.

Ketua KPU RI Ilham Saputra mengatakan TKP juga hadir sebagai upaya KPU mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal, yang dapat mengkaji atau menganalisis persoalan pemilu maupun pemilihan. “Saya berharap hasilnya dapat kita gunakan untuk menyusun perencanaan atas suatu hal yang akan atau diperkirakan akan terjadi, sehingga KPU bisa menjalankan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 sesuai dengan target yang ingin dicapai,” ucap Ilham saat membuka “Konferensi Nasional Tata Kelola Pemilu Tahun 2022, Meneropong Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024: Peluang dan Tantangan Dalam Memperkuat Demokrasi, di Bogor, Senin (4/4/2022).

Sementara itu Direktur Politik Dalam Negeri Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri, Syamadani menyambut baik kegiatan ini mengingat pemilu merupakan hajatan bersama dan bukan hanya kepentingan penyelenggara pemilu. “Sekuat dan sebaik apapun penyelenggara pemilu, tetapi kalau tidak didukung oleh komponen lain maka mungkin sulit (pemilu) dilakukan,” ucap Syamadani.

Dia juga menyebut ukuran pemilu yang baik normatif seperti prosesnya berjalan dengan baik, tidak ada konflik dan partisipasi yang semakin meningkat. “Kita sama sama berkolaborasi mendukung sepenuhnya penyelenggaraan pemilu untuk menuju hasil yang lebih baik,” tambah dia.

Sementara itu Kepala Pusat Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan Lucky Firnandy Majanto dalam laporan kegiatan menyampaikan peserta Konferensi Nasional Tata Kelola Pemilu Tahun 2022 berjumlah 131 orang, terdiri dari KPU RI, Kesekjenan KPU, Kementerian/Lembaga, LSM Pegiat/Pemerhati Pemilu, Kepala Program Studi 12 Perguruan Tinggi Konsorsium Magister Tata Kelola Pemilu, Penulis naskah Call for Paper.

Hadir dalam pembukaan Anggota KPU RI, Arief Budiman, Pramono Ubaid Tanthowi, Hasyim Asy’ari, Viryan, Evi Novida Ginting Manik, I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, Deputi Bidang Administrasi Purwoto Ruslan Hidayat, Deputi Bidang Dukungan Teknis Eberta Kawima, Inspektur Utama Nanang Priyatna, Anggota DKPP Alfitra Salamm serta para Pejabat Eselon II Setjen KPU RI. (humas james-anggri/foto: james/ed diR)


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar