Logo
images

Tingkatkan Kepercayaan Publik, Komisi Informasi Jawa Timur Gelar Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – Senin (28/06) dalam rangka meningkatkan kualitas layanan informasi publik di lingkungan KPU, Komisi Informasi Jawa Timur menggelar kegiatan Sosialisasi Keterbukaan Informasi Publik bagi KPU se-Jawa Timur. Kegiatan dilaksanakan secara virtual dengan mengundang Anggota KPU Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM dan Sub Koordinator Teknis dan Hupmas dari 38 KPU Kabupaten/Kota di Jawa Timur.

Menurut Imadoeddin selaku Ketua Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur saat memberikan pengarahan menyampaikan bahwa KPU sebagai lembaga publik yang paling dicari masyarakat untuk mengakses informasi terlebih saat menjelang tahapan pemilu atau pemilihan. Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten Kota terkait sengketa Informasi Publik. “Kita berharap tidak ada sengketa yang menimpa KPU sebab ketika menjelang pemilu atau pemilihan, biasanya banyak permintaan informasi mengenai data kepemiluan. KPU dapat memberikan layanan publik yang optimal dalam penyampaian data atau informasi kepada masyarakat terkait hasil pemilu dan pemilihan", imbuh Imadoeddin.

KPU Provinsi Jawa Timur Choirul Anam dalam sambutannya mengatakan bahwa KPU menjadi salah satu lembaga yang cukup populer untuk permohonan data dan informasi. Anam mengungkapkan tidak saja pada saat pelaksanaan tahapan akan tetapi pra dan pasca tahapan juga terdapat masyarakat yang melakukan permohonan data dan informasi kepada KPU.

“Sehingga KPU terus berkomitmen mengupdate data yang dimiliki, mengupdate website dan medsos, mepermudah layanan informasi publik, memberikan layanan informasi yang baik dan tepat waktu guna meningkatkan kepercayaan publik”, tutur Anam.

Setelah pembukaan selesai dilanjutkan dengan  paparan materi tentang “Menjadi Pelayanan Informasi Publik” oleh narasumber dari KIP Jawa Timur komisioner Bidang Advokasi, Sosialisasi, dan Edukasi Herma Prabayanti, SE, M.Med.Kom. Kemudian  diteruskan dengan penyampaian materi kedua yaitu “Penyelesaian Sengketa Informasi”, disampaikan oleh Komisioner Bidang Penyelesaian Sengketa Informasi, A. Nur Aminuddin, S.Ag, MM. Pada sesi terakhir, kegiatan sosialisasi dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab untuk mempertajam pemahaman peserta  dalam memberikan layanan kepada masyarakat.(Hms/Kot).


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar