Logo
images

Ilustrasi Tingkat Partisipasi Masyarakat pada Pemilu 2019 di Kota Blitar

TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT KOTA BLITAR PADA PEMILU 2019 MELEBIHI TARGET NASIONAL

Blitar, kpu.blitarkota.go.id  Angka Partisipasi Masyarakat di Kota Blitar pada Pemilu Serentak 2019, melebihi target partisipasi yang ditetapkan KPU RI sebesar 77,5 %. Pernyataan ini disampaikan Komisioner KPU Kota Blitar dari Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, Ummu Chairu Wardani, Selasa 1 Mei 2019.

“Berdasarkan berita acara rekapitulasi perolehan suara pemilu 2019 tingkat Kota Blitar, jumlah pemilih sebanyak 115.976 jiwa,  sementara yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 97,133 jiwa, sehingga tingkat partisipasi masyarakat pada pemilu kali ini sebesar 83,75 % atau jika dibulatkan sebesar 84%. Angka ini mengalami kenaikan sebesar sekitar 6% jika dibanding tingkat partisipasi masyarakat pada pemilu legislatif 2014 sebesar 78% “

Lebih lanjut Ummu Chairu Wardani menyatakan, tingginya angka partisipasi ini, tidak lepas dari kerja keras seluruh jajaran penyelenggara pemilu di Kota Blitar, termasuk program-program sosialisasi yang dilaksanakan oleh KPU Kota Blitar sepanjang tahapan pemilu 2019 serta tingginya tingkat kesadaran masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

“Tingkat kesadaran masyarakat dalam  menggunakan hak pilihnya, juga patut kita apresiasi. Hal ini menunjukkan semakin tingginya kepercayaan masyarakat pada proses pemilu di Kota Blitar sehingga mereka secara sukarela datang ke TPS untuk menyalurkan hak pilihnya”

Tingginya angka partisipasi ini, diharapkan nantinya bisa dipertahankan dan jika memungkinkan untuk ditingkatkan, sehingga perlu adanya program sosialisasi dan pendidikan pemilih yang berkelanjutan di kota Blitar, baik yang dilakukan oleh KPU maupun instansi terkait di Kota Blitar.(DH)


TAG

Dipost Oleh komisioner kpu

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar

Tinggalkan Komentar