Logo
images

SOSIALISASI VERIFIKASI PARTAI POLITIK PESERTA PEMILU 2019

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – KPU Kota Blitar mengadakan sosialisasi mengenai kegiatan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu tahun 2019, Senin, 2 Oktober 2017. Bertempat di Gedung Pertemuan PKPRI Kota Blitar, Jl. Kalimantan No. 30, kegiatan ini dihadiri oleh partai politik, Panwaslu Kota Blitar, dan jajaran Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Kota Blitar.

Tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk membangun kesamaan persepsi diantara stakeholder Pemilu di Kota Blitar sehingga tercipta kesepahaman dalam pelaksanaan kegiatan verifikasi partai politik. “Harapan kami dengan adanya sosialisasi ini, kita dapat membangun kesepahaman dalam verifikasi partai politik dalam rangka Pemilu 2019. Hal ini penting untuk mendukung kesuksesan pelaksanaan verifikasi parpol dengan membangun dan memperkuat sinergisitas diantara jajaran pemangku kepentingan,” ujar Mashudi dari Divisi Teknis KPU Kota Blitar yang sekaligus didapuk untuk membuka acara sosialisasi.

“Tentunya setiap proses pelaksanaan verifikasi parpol akan kami laksanakan sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku, dalam hal ini adalah Undang-Undang Pemilu dan juga PKPU,” imbuh Mashudi. Acara sosialisasi sendiri dipandu secara langsung oleh Herwidi Bastugito dari Divisi Hukum. Materi yang disampaikan diantaranya yaitu mengenai tahapan pendaftaran, verifikasi administrasi, dan verifikasi faktual.

Beberapa pertanyaan dari partai politik dalam sosialisasi tersebut diantaranya adalah mengenai partai yang telah lulus mengikuti Pemilu tahun 2014, apakah perlu diverifikasi ulang? Pertanyaan lainnya adalah berkaitan dengan jumlah minimal dan mekanisme sampling dalam pelaksanaan verifikasi faktual. Sebagaimana diketahui, proses pendaftaran, verifikasi, hingga penetapan partai politik peserta Pemilu tahun 2019 sesuai jadwal akan dimulai tanggal 3 Oktober 2017 sampai dengan 17 Februari 2018. (RIF/DH/NNK)


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar