Logo
images

SOSIALISASI PERATURAN DAN UNDANG-UNDANG PILKADA SERENTAK PADA PENGURUS PARTAI POLITIK

Blitar.kpu.blitarkota.go.id. Dalam upaya meningkatkan Indeks Demokrasi di kota Blitar, Bakesbangpol kota Blitar mengadakan sosialisasi tentang pemilu khususnya Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada), senin hingga rabu, 8-10 mei 2018. Acara yang melibatkan PAC partai politik di kota Blitar ini, diselenggaran di tiga kecamatan masing-masing Kepanjenkidul, Sananwetan dan Sukorejo.

Bertindak selaku Narasumber dalamsosialisasi ini adalah KPU Kota Blitar, Kepolisian Resort kotaBlitar, dan Bagian Hukum Pemkot Blitar. KPU kota Blitar dalam kegiatan ini diwakili oleh Komisioner yang membidangi Divisi Hukum, Herwidi Bastugito.

Ditemui usai pelaksanaan rangkaian kegiatan Sosialisasi, Rabu 10 Mei 2017, Herwidi menyatakan bahwa khusus dari KPU, materi yang disampaikan antara lain sejarah lahirnya undang-undang tentang pemilihan Kepala Daerah “ Jadi yang kita sampaikan antara lain tentang Sejarah perjalanan lahirnya Undang undang tentang Pilkada yang dimulai dari terbitnya keputusan  MK No 072- 073/PPU-II/2004, disusul dengan munculnya Undang-undang No 22/2007 hingga ditahun- tahun berikutnya    lahir Undang-undang terkait pemilukada yang kemudian dirubah menjadi Pilkada dengan munculnya keputusan        MK No.  92/PUU/XII/2013 hingga lahirnya beberapa UU pilkada dan yang baru adalah  UU No 10/2016.

Dibagian lain Herwidi menjelaskan materi Undang – Undang no 10/2016 pemilihan Kepala Daerah lebih ditekankan dalam pemaparan ini, karena terkait langsung dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah di Jawa Timur tahun 2018 mendatang. Sementara dari kepolisian, menyampaikan materi seputar pentingnya kondisi yang kondusif dan aman sebagai prasyarat terciptanya pilkada yang  baik dan lancar.

Acara yang berlangsung di tiap-tiap kecamatan mulai jam 19.00 WIB hingga selesai ini, diikuti oleh ratusan pengurus PAC seluruh partai politik yang da di tiap-tiap kecamatan. Sementara bertindak selaku moderator adalah camat setempat.(DH/WID/SAP)

 

 

 

 



Dipost Oleh komisioner kpu

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar

Tinggalkan Komentar