Logo
images

SIDALIH Berkelanjutan Bentuk Tanggung Jawab KPU Terhadap Pengelolaan DPB

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar melalui Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Ninik Sholikhah, Sub Koordinator Program dan Data Moch. Syafaat serta operator SIDALIH Fadhila Kusumaningrum mengikuti Rapat Sosialisasi Sidalih Berkelanjutan secara daring, Rabu (01/09). Diselenggarakan oleh KPU RI rakor dibuka ole Ketua KPU RI Ilham Saputra.

Ilham menyampaikan jika sosialisasi ini dimaksudkan untuk mengenalkan aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (SIDALIH) berkelanjutan yang telah mengalami pengembangan system, fungsi dan cara penggunaannya yang baik. Penggunaan SIDALIH Berkelanjutan ini juga diharapkan mampu memudahkan proses pelaksanaan pemutakhiran daftar pemilih menyongsong pemilu dan pemilihan tahun 2024.

 

 

 “Sidalih Berkelanjutan ini dimaksudkan untuk lebih memudahkan proses pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan oleh KPU serta sebagai bentuk penyampaian informasi secara tepat dan akurat kepada masyarajat terkait data dan daftar pemilih pada Pemilu dan Pemilihan di 2024 mendatang,”tutur Ilham.

Lebih lanjut Ilham menuturkan jika ada 10 KPU daerah yang menjadi pilot project dan telah menggunakan aplikasi Sidalih Berkelanjutan. 10 diantaranya yakni Banda Aceh, Medan, Sukabumi, Serang, Solo, Jembrana, Makasar, Gorontalo, Karanganyar dan Yogyakarta. Ilham menyampaikan bahwa dengan adanya SIDALIH Berkelanjutan ini sebagai salah satu upaya dalam rangka menyiapkan Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024 menjadi lebih baik lagi.

Sementara itu, Divisi Data dan Informasi KPU RI Viryan menjelaskan jika keberadaan SIDALIH Berkelanjutan adalah bentuk tanggung jawab KPU atas amanat UU 7 Tahun 2017 dan Pemutakhiran Data Pemilih. Adapun makna dari berkelanjutan adalah melakukan pengembangan system dengan mindset, instrumen dan budaya kerja.

“SIDALIH telah mengalami pembaharuan system berkelanjutan yang telah tersedia dalam bentuk offline. Dengan adanya bentuk offline ini, diharapkan penyelenggara pemilu yang berada dalam kondisi sulit sinyal bisa tetap melaksanakan tugas pemutakhiran data pemilih,”ujar Viryan. (Hms/Kot).


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar