Logo
images

Apel pagi, 24 Juli 2017

SAMBUT PILGUB JATIM 2018, TINGKATKAN KOMPETENSI DAN KEKOMPAKAN SDM

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – Peningkatan kompetensi SDM di lingkungan KPU Kota Blitar menjadi salah satu topik yang disampaikan dalam Apel Pagi KPU Kota Blitar, Senin 24 Juli 2017. “Seluruh jajaran baik itu Komisioner dan Sekretariat perlu mempersiapkan diri menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 yang tahapannya akan segera dimulai. Hal ini dapat diawali dengan kembali memperkuat pemahaman penyelenggaraan Pemilu, baik itu peraturan yang mendasarinya dan juga tentang teknis pelaksanaannya, harapannya adalah penyelenggaraan Pemilu di Blitar dapat berlangsung semakin baik,” demikian disampaikan Chairul Umam dari Divisi Perencanaan dan Data sebagai pemimpin Apel.

Peningkatan kompetensi SDM ini juga perlu dibarengi dengan peningkatan koordinasi di seluruh tingkatan, dan diperkuat dengan saling menjaga kekompakan dalam melaksanakan tugas, pokok, dan fungsi masing-masing bagian agar proses keorganisasian dalam sebuah instansi dapat terlaksana secara terukur dan akuntabel. Selain itu, Umam juga menyampaikan perlunya untuk mengkaji undang-undang Pemilu yang baru saja ditetapkan oleh DPR. Hal ini penting untuk mengetahui perubahan-perubahan apa saja dalam penyelenggaraan Pemilu, dan juga untuk mengantisipasi sedini mungkin setiap perubahan tersebut agar pelaksanaan Pemilu selalu berdasar pada peraturan dan jelas dasar hukumnya.

Berkaitan dengan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, Umam menyampaikan bahwa KPU Kota Blitar dalam hal ini Divisi dan Subbagian Perencanaan dan Data sedang menyusun daftar kegiatan inovatif pemutakhiran data pemilih, yaitu dengan merencanakan kunjungan ke kecamatan dan kelurahan se-Kota Blitar untuk mensosialisasikan dan memenuhi data kependudukan yang diperlukan dalam proses pemutakhiran.

Masih menurut Umam, “Roadshow ke kecamatan dan kelurahan ini merupakan bentuk kegiatan pemutakhiran yang kita rancang sebagai sosialisasi peraturan kepemiluan khususnya berkaitan dengan pemutakhiran pemilih dimana terdapat banyak hal-hal baru yang perlu disampaikan kepada masyarakat agar dapat terdaftar sebagai pemilih, diantaranya mengenai keharusan memiliki E-KTP maupun penggunaan Surat Keterangan.” Kunjungan ini juga dapat digunakan untuk mendapatkan data kependudukan yang diperlukan dalam pemutakhiran, sehingga diharapkan dalam Pemilu nanti semakin sedikit masyarakat yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya dikarenakan tidak memenuhi syarat sebagai pemilih. (NIK/SHA/LIT)


TAG Kpu, ,

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar