Logo
images

Rapat Koordinasi Pengelolaan Data Calon Terpilih Hasil Pemilihan Umum Tahun 2019

RAPAT KOORDINASI PENGELOLAAN DATA CALON TERPILIH HASIL PEMILIHAN UMUM TAHUN 2019

Tulungagung, kpu.blitarkota.go.id- Tahapan pemilihan umum telah selesai dan sekarang masuk pada tahapan baru yaitu Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020. Dengan berakhirnya tahapan pemilihan umum bukan berarti selesai sudah tugas KPU, tetapi masih ada satu tugas yang harus di selesaikan yaitu pengelolaan data hasil pemilihan umum tahun 2019.

KPU Provinsi mengadakan Rapat Koordinasi yang di laksanakan di Aula KPU Tulungangung pada tanggal 17 dan 18 Oktober 2019. Kegiatan yang di hadiri oleh Divisi Teknis beserta Kasubag Teknis Se-Jawa Timur ini membahas tentang pengelolaan data hasil pemilihan Umum 2019 sekaligus membahas tentang pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 yang tahapannya sudah ada di depan mata.

Miftahur Rozak selaku Komisioner KPU Provinsi Divisi Perencanaan dan Logistik menyampaikan bahwa KPU Kabupaten Kota harus melakukan pendokumentasian semua data-data tentang kepemiluan,  karena semua data tersebut hanya ada di KPU. Mulai dari PKPU, Surat Edaran sampai dengan Produk Hukum apapun terkait kepemiluan harus mulai di arsipkan, meskipun belum ada perintah resmi terkait pengarsipan. Ini bukan berarti menandakan KPU lemah dalam dokumen kearsipan,  tetapi lebih pada penegasan bahwa data hasil pemilihan umum harus kita arsipkan.

Selanjutnya Nurul Amalia selaku KPU Provinsi Divisi Data dan Informasi, menegaskan bahwa memasuki era digitalisasi maka KPU Kabupaten Kota harus siap mendokumentasikan semua arsip kepemiluan, sehingga ada rekam jejak terkait pemilihan umum terutama di tahun 2019.

Hernawan Miftakhul Khabib, Divisi Teknis Penyelenggaraan Kpu Kota Blitar menyampaikan Selain itu kegiatan rapat koordinasi ini juga membahas tentang tahapan pencalonan mengingat ada 19 kabupaten kota yang akan melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota yang akan di adakan serentak di tahun 2020.

“ Dalam rapat koordinasi ini sekaligus menjadi pedoman bagi KPU Kabupaten Kota terutama Divisi Teknis Penyelenggaraan mengingat pendokumentasian arsip tentang pemilihan umum 2019 bisa di laksanakan dan juga sekaligus persiapan bagi 19 KPU Kabupaten Kota untuk melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota, “ Ungkap Khabib (18/10). (KH/EF)


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar