Logo
images

PERUBAHAN DALAM PROSES REKRUTMEN PPS DAN KPPS

 

Blitar, kpu.blitarkota.go.id.” Ada perubahan proses rekrutmen PPS  dalam Undang-undang Nomor 10 tahun 2016 ini ji. Jika pada undang-undang sebelumnya melibatkan kepala desa/lurah dan BadanPermusyawaratan di tingkat desa/kelurahan dalam hal usulan calon petugas PPS, kali ini pendaftaran dilakukan secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas dan kemandirian calon anggota PPS” demikian disampaikan Herwidi  Bastugito, Komisioner KPU Kota Blitar Divisi Hukum, dalam acara bedahUndang –Undang No. 10 tahun 2016 tentang Perubahan kedua atas Undang-undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-undang, hari ini, Rabu, 14 September 2016.

“Dengan proses rekrutmen yang dilakukan secara terbuka, diharapkan akan lebih banyak SDM yang mendaftar, sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kinerja PPS terpilih. Disamping itu, dalam perjalanan menjalankan tugasnya, diharapkan mereka dapat tetap menjaga hubungan harmonis dengan perangkat di  tingkat desa/kelurahan, dimana sehari-harinya para anggota PPS berkantor saat menjalankan tugasnya“ lanjutHerwidi.

Sementaraitu, Ketua KPU Kota Blitar, Setyo Budiono menyatakan “perubahan proses rekrutmen PPS ini tidak mengurangi tugas, wewenang dan kewajiban PPS sebagai penyelenggara pemilu di tingkat desa/kelurahan. Untuk itu, pengalaman sebagai penyelenggara pemilu, kiranya tetap diperlukan, guna mendukung kelancaran PPS dalam menjalankan tugas mereka selama tahapan  pemilu.”

Kajian rutin bedah Undang- Undang No.16 tahun 2016 tentang Perubahan kedua atas Undang-undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-undang kali, ini, merupakan yang ke-3 kali digelar. Hari ini pembahasan difokuskan pada pasal mengenai PPS, KPPS dan Pengawasan Pemilu.

Bedah undang-undang yang dihadiri oleh Komisioner, Sekretaris, Kasubag dan 2 orang Staff darimasing-masing bagian ini merupakan agenda rutin penguatan kapasitas SDM di lingkungan KPU Kota Blitar (DH217).

 .