Logo
images

Persiapan Pelaksanaan Evaluasi SAKIP, KPU Kota Blitar Ikuti Rakor Bersama KPU Jawa Timur

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – Selasa (29/06), Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar mengikuti Rakor Persiapan Pelaksanaan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur secara virtual. Rakor Persiapan Pelaksanaan SAKIP Sesi III dilaksanakan pukul 10.00 WIB pagi dengan melibatkan 10 KPU Kabupaten/Kota termasuk KPU Kota Blitar.

 

 

Sementara itu KPU Kota Blitar dihadiri oleh Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam, Divisi Rencana, Data dan Informasi Ninik Sholikhah, Sekretaris Edi Winarno serta Sub Koordinator Program dan Data Moch. Safaat. Menurut Choirul Umam, Rakor Persiapan Pelaksanaan SAKIP ini dilakukan sebagai bentuk pendampingan KPU Provinsi kepada kabupaten/kota dalam penyusunan SAKIP.

“Dalam pelaksanaan penyusunan SAKIP oleh KPU Kabupaten/Kota, KPU Provinsi berupaya melakukan pendampingan dan evaluasi awal, yang selanjutnya evaluasi tersebut dituangkan dalam lembar Evaluasi SAKIP masing-masing KPU Kabupaten/Kota untuk segera dilakukan perbaikan terhadap semua dokumen-dokumen tersebut”, ungkap Umam.

 

 

Dalam rakor tersebut Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jawa Timur, Miftahur Rozaq mengungkapkan pentingnya pelaksanaan evaluasi pengelolaan SAKIP. “Dengan pengelolaan SAKIP yang baik ini bertujuan untuk mengarahkan pada tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (Good Governance), serta menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Reformasi Birokrasi”, tutur Rozaq.

Sejalan dengan hal tersebut, Nanik Karsini Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur menambahkan bahwa SAKIP merupakan rangkaian sistematis berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah dalam rangka pertanggungjawaban dan penigkatan kerja instansi pemerintah. “Dengan kualitas SAKIP yang baik, harapnnya dapat mewujudkan efisiensi dan efektivitas kinerja yang baik pula”,ujar Nanik.(Hms/Kot).


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar