Logo
images

Perlunya Sinergi Stakeholder dengan KPU Kota Blitar Dalam Penyelenggaraan Tahapan Pemilu 2024

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – Tahapan Pemilu 2024 secara resmi telah diluncurkan pada 14 Juni 2022 oleh KPU RI. Meskipun telah secara resmi dimulai, tahapan awal masih akan dilakukan di tingkat KPU RI, yaitu perencanaan program dan anggaran untuk pelaksanaan Pemilu 2024. Demikian yang disampaikan Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam dalam sambuatannya setelah mengikuti prosesi Peluncuran Tahapan Pemilu 2024 secara virtual dari Aula Kantor KPU Kota Blitar, Selasa (14/6/2022).

Umam menyampaikan bahwa sesuai dengan jadwal yang telah dirilis oleh KPU RI, tahapan Pemilu yang dimulai pada tanggal 14 Februari 2022 ini, jika dihitung hingga tanggal pemungutan suara Pemilu 2024, tepat 20 bulan. Hal ini, berdasarkan UU Nomor 7 tahun 2017 pada Pasal 167 ayat (6) bahwa tahapan penyelenggaraan Pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Choirul Umam menjelaskan adapun tahapan terdekat yang akan dilaksanakan oleh KPU daerah adalah verifikasi partai politik peserta Pemilu 2024 pada Juli 2022 mendatang. Dalam penyelenggaraannya, Umam berharap dukungan dari berbagai pihak salah satunya dukungan dari Pemerintah dan TNI-Polri.

“Kami berharap pemerintah daerah dan TNI-Polri mendukung penuh proses tahapan yang sudah berjalan ini. Dukungan pemerintah dalam hal fasilitasi kebutuhan penyelenggaraan tahapan sangat kami harapkan, hal ini dimaksudkan guna memaksimalkan dan mempertahankan tingkat partisipasi Pemilih di Kota Blitar yang sudah cukup bagus. Selain itu kita juga mohon bantuan kepada TNI-Polri agar penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 nantinya berjalan lancar dan kondusif,” ujar Umam.

Dengan pengalaman yang dimiliki, Kota Blitar pernah mencapai angka 82 – 83 % tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 lalu. Ia berharap paling tidak dapat mempertahankan capain tertinggi selama penyelenggaraan Pemilu di Kota Blitar itu. Namun, juga tidak mengecilkan semangat untuk meningkatkan partisipasi tersebut agar bisa lebih tinggi.

Selain itu, Umam juga mengungkapkan keberadaan TNI-Polri yang sangat membantu dalam mengamankan proses tahapan.  Menurutnya, peran TNI-Polri memang tidak bisa diremehkan dan tidak dapat dipisahkan dari KPU.

“Kami menyadari pentingnya sinergitas dalam mengawal tahapan Pemilu 2024 ini agar capaian partisipasi masyarakat dan kualitas penyelenggaraan bisa lebih baik serta kondusifitas tetap terjaga,” tutup Umam saat mengakhiri sambutannya.

Turut hadir dalam kegiatan nonton bersama Peluncuran Tahapan Pemilu Tahun 2024 Wali Kota Blitar, Bawaslu Kota Blitar, Kapolres Blitar Kota, Kodim 0808, Yonif 515, DPRD Kota Blitar, perwakilan Bakesbangpol dan PBD Kota Blitar, Camat se Kota Blitar, dan  Perwakilan Partai Politik.(Hms/Kot – One foto : Hms/kot).


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar