Logo
images

Perkuat Pola Koordinasi, KPU Kota Blitar Lakukan Evaluasi Persiapkan Tahapan Pemilu 2024

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – Dalam rangka menyambut tahapan Pemilu 2024 yang tinggal hitungan jam, Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar melakukan evaluasi pra-tahapan, Senin (13/06). Bertempat di Aula Kantor KPU Kota Blitar, kegiatan ini dimulai tepat pukul 10.00 WIB dan diikuti oleh Anggota KPU Kota Blitar, Sekretaris KPU Kota Blitar, beserta seluruh staf.

Mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan evaluasi, Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam menjelaskan maksud dan tujuan diadakannya evaluasi bagi SDM KPU Kota Blitar untuk menyambut tahapan Pemilu 2024. “Evaluasi ini sebenarnya sebagai upaya untuk memperbaiki kinerja di masa yang akan datang. Apalagi memasuki tahapan Pemilu 2024 yang sangat mungkin tugasnya jauh lebih berat dibandingkan hari-hari sebelumnya ketika tidak ada tahapan,” jelas Umam.

Melanjutkan penjelesannya terkait evaluasi yang dilakukan, Umam menyinggung soal pola koordinasi yang perlu diperkuat agar ketika memasuki tahapan sudah tidak lagi gagap. Selain itu, ia juga menekankan bahwa evaluasi merupakan suatu keharusan dalam menilai kinerja SDM.

Tidak hanya Ketua KPU Kota Blitar, dalam kesempatan ini Anggota KPU Kota Blitar lain juga mendapat ruang untuk menyampaikan evaluasinya. Ninik Sholikhah, selaku Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Blitar dan Hernawan Miftakhul Khabib selaku Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Blitar, kompak fokuskan pembahasannya pada pentingnya sarana dan prasarana dalam menghadapi tahapan Pemilu 2024 mendatang. Menurut kedua divisi ini, tercukupinya sarana dan prasarana akan sangat mendukung proses kelancaran tahapan itu sendiri.

 “Persiapan perlu dilakukan untuk menyambut Tahapan 2024, terutama sarana prasarana tempat. Karena dimungkinkan khusus teknis nanti akan butuh tempat banyak terkait peletakan dokumen verifikasi partai politik. Untuk itu dokumen-dokumen yang sekiranya bisa dipindahkan, bisa dilakukan, seperti dokumen verifikasi partai politik. Termasuk juga kaitannya dengan pengarsipan,” jelasnya.

Jika sebelumnya, 2 Anggota KPU Kota Blitar fokus pada pembahasan sarana dan prasaran dalam menyiapkan tahapan Pemilu 2024. Beda halnya dengan 2 Anggota KPU Kota Blitar lain yang lebih menekankan pada teknis.

Edy Saputra selaku Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Blitar, menghimbau kepada seluruh penyelenggara di lingkungan KPU Kota Blitar agar mempersiapkan diri mulai sekarang untuk menandai, mengkalkulasi dan memetakan titik-titik persoalan dengan melakukan kilas balik pada pengalaman mengawal tahapan sebelumnya. Ia juga berharap ada agenda khushus untuk membahas lebih lanjut PKPU Tahapan dan Jadwal, agar semua memahami isinya secara detail.

“Setelah ini saya berharap ada pertemuan, ada semacam pembahasan terkait PKPU Tahapan dan Jadwal,” tambahnya.

Hal lain disampaikan oleh divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM KPU Kota Blitar, Rangga Bisma Aditya, yang fokuskan evaluasinya pada tugas, pokok dan fungsi (tupoksi), termasuk fungsi pada PPID. Ia berharap, fungsi yang ada mulai ditata kembali. Ia menjelaskan bahwa berkaitan dengan fungsi tahapan dimungkinkan akan banyak orang yang datang untuk mencari informasi.

“Kami sebagai pengampu di PPID ingin mendapatkan jejak adminsitrasi yg baik, misalkan bagaimana bukti-bukti pelayanan kepada siapa saja yang ingin mendapat akses informasi sudah tercatat sebagai bahan pengawasan,” jelasnya.

Setelah semua Anggota KPU Kota Blitar menyampaikan evaluasinya, acara kemudian diambil alih oleh Sekretaris KPU Kota Blitar, Henri Wijaya, yang kemudian mempersilahkan pada masing-masing kasubbag untuk menyampaikan evaluasinya baik kinerja SDM maupun kendala-kendala yang dihadapi serta kesiapan dalam menghadapi tahapan Pemilu 2024 mendatang.(Hms/Kot-One).


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar