Logo
images

PENTINGNYA FUNGSI MANJEMEN PERENCANAAN (PLANNING) DALAM MEWUJUDKAN TUJUAN ORGANISASI

Setiap organisasi perlu melakukan suatu perencanaan dalam setiap kegiatan organisasinya, baik perencanaan Program dan Kegiatan , perencanaan rekrutmen SDM, program –program yang sifatnya inovatif, maupun perencaan anggarannya Tahun yang berkaitan maupun yang akan datang. Perencanaan (planning) merupakan proses dasar bagi organisasi untuk memilih sasaran dan menetapkan bagaimana cara mencapainya.

Begitu pentingnya fungsi Manjemen ini (Planning) dalam  mewujudkan tujuan yang akan dicapai oleh suatu organisasi pada kurun waktu yang ditentukan, menempatkan fungsi Planning ini pada tempat yang sangat dominan dan mempunyai peranan yang sangat vital dalam proses pencapaian tujuan organisasi. Begitu halnya dengan KPU Kota Blitar mencoba mengoptimalkan fungsi dari manajemen (Planning) ini pada awal proses pelaksanaan seluruh kegiatan Tahapan dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum, dengan tujuan terwujudnya Pemilihan umum yang akuntable, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

KPU Kota Blitar dalam melaksanakan Perencanaan program dan anggaran berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku, yang secara garis besar mencakup 3 (perspektif) ketentuan, yaitu : Ketentuan yang mengatur tentang organisasi dan tata kerja, ketentuan yang mengatur substansi Organisasi dan ketentuan yang mengatur substansi perencanan program dan anggaran. Substansi ketentuan pertama dan kedua lebih bersifat internal dan substansi yang ketiga lebih banyak cakupannya bersifat eksternal, yaitu peraturan perundangan yang diterbitkan oleh instansi eksternal, seperti Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kementerian Keuangan RI.

Konsekuansi dari ketaatan terhadap peraturan perundangan yang bersifat eksternal salah satunya adalah, bahwa dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang perencanaan program dan anggaran terikat pada jadwal atau kalender perencanaan yang berlaku secara nasional serta hal-hal substantif lainnya yang menjadi prinsip perencanaan.

Dari uraian di atas dapat kita simpulkan betapa pentingnya perencanaan dalam usaha mencapai tujuan organisasi.  Adanya perencanaan akan memberikan arah dan tujuan yang jelas, memberikan pemahaman terhadap pimpinan dan bawahan sehingga bisa saling bekerja sama demi terealisasinya tujuan organisasinya. Namun di samping itu, perencanaan hanya salah satu fungsi dalam manajemen. Oleh karena keberhasilan pencapaian tujuan bukan berarti hanya tergantung pada satu fungsi perencanaan saja, tetapi ada fungsi-fungsi lainnya, seperti pengorganisasian, mengarakan dan pengawasan. Keberhasilan perencanaan akan sangat mungkin tercapai apabila pimpinan dan bawahan bekerja sama dan dapat saling memotivasi sehingga kinerja masing-masing semakin tinggi demi tercapainya tujuan organisasi. (LK/SP-318)


TAG Kpu

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar