Logo
images

PENGGUNAAN IDENTITAS LAIN UNTUK PEMILIH YANG BELUM TERDAFTAR PADA DPT

Blitar, kpu.blitarkota.go.id. Setelah proses penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) bagi warga yang memiliki hak pilih tetapi belum tercantum dalam DPT,saat pelaksanaan pemilihan kepala daerah, tetap dapat menggunakan hak pilihnya, dengan menggunakan identitas warga yang bersangkutan

 Jika sebelumnya Identitas yang bisa digunakan di TPS setempat bagi warga yang belum terdaftar sebagai pemilih meliputi Kartu Tanda Penduduk Elektronik, Karrtu Keluarga, Kartu Paspor dan/atau identitas lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, maka sekarang, sesuai pasal 61 yang boleh dipergunakan hanya Kartu Tanda Penduduk Elektronik ” demikian disampaikan Herwidi Bastugito, DIvisi Hukum KPU Kota Blitar,  dalam acara bedah Undang-Undang di Aula KPU Kota Blitar, Rabu Siang, 19 Oktober 2016.

“Selain KTP tersebut hanya dapat dipergunakan di alamat setempat, bagi penduduk yang menggunakan hak pilihnya dengan menggunakan data KTP ini, harus mendaftar terlebih dahulu ke KPPS setempat, sehingga dapat dicatat pada Daftar Pemilih tambahan ” lanjut Herwidi

Lebih lanjut Herwidi menyampaikan, bahwa untuk waktu penggunaan hak pilih bagi warga yang tidak tercantum dalam DPT ini adalah tetap, yaitu satu jam sebelum selesaiya pemungutan suara di TPS, dengan harapan tidak mengganggu ketersediaan surat suara untuk pemilih yang telah terdaftar dalam DPT.

 

Kajian rutin bedah Undang- Undang No.10 tahun 2016 tentang Perubahan kedua atas Undang-undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-undang kali, ini, merupakan yang ke-7 kali digelar. Pembahasan hari ini, difokuskan pada pasal mengenai pemilih dan daftar pemilih yang diatur dalam pasal 57,58.

 

Bedah undang-undang yang dihadiri oleh Komisioner, Sekretaris, Kasubag dan 2 orang Staff darimasing-masing bagian ini merupakan agenda rutin penguatan kapasitas SDM di lingkungan KPU Kota Blitar .(DH264)