Logo
images

Suasana sosialisasi KPU Kota Blitar bersama Relawan Demokrasi dari Basis Disabilitas di SLB Negeri 4 Kota Blitar

PEMILU CERIA BERSAMA SISWA SLB NEGERI 4 KOTA BLITAR

 

Blitar, kpu.blitarkota.go.id Pemilu serentak 2019 sebagai salah satu bentuk pesta demokrasi, harus bisa menghadirkan keceriaan dan kegembiraan bagi semua pemilih, sehingga pemilih dapat menyalurkan aspirasinya dengan penuh tanggungjawab dan kegembiraan. Materi ini menjadi salah satu topic dalam pemaparan yang disampaikan Ummu Chairu Wardani, Komisioner KPU Kota Blitar dari Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, saat memberikan materi seputar kepemiluan di hadapan puluhan siswa SLB Negeri 4 Kota Blitar, yang berada di Kelurahan Sentul Kota Blitar.

“Ingat ya adik adik yang cantik dan ganteng, pemilu merupakan pesta demokrasi, untuk itu kita harus menyambutnya dengan riang gembira. Nah kalau hati kita sudah gembira, maka dengan senang hati kita akan mencari tahu siapa siapa yang menjadi peserta pemilu 2019 ini, kemudian mencari tahu bagaimana cara menyalurkan aspirasi kita juga belajar untuk melakukan pencoblosan dengan baik dan benar hingga suara yang kita berikan bisa dianggab sah. Semua jika dilakukan dengan hati gembira, maka hasilnya akan baik “ ujar Ummu Chairu Wardani yang disambut dengan tepuk tangan yang riuh oleh seluruh peserta.

Dibagian lain, juga dijelaskan tentang surat suara pemilu 2019

“Ingat ya.. nanti kalo kita mencoblos di TPS dimana kita terdaftar sebagai pemilih,kita akan mendapatkan 5 surat suara. Nah setelah diterima, dibuka dulu, di cek, ada yang rusak atau tidak, kalo tidak ada yang rusak, baru kita ke bilik untuk mencoblos sesuai pilihan hati kita. Kita pilih yang kita sukai ya… Nah 5 surat suara itu itu apa saja? Ada yang warnanya abu-abu itu untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, merah untuk DPD, kuning untuk DPR RI, Biru untuk DPRD Propinsi dan Hijau untuk DPRD Kabupaten/Kota. Jangan bingung, nanti setelah di coblos, di lipat kembali, dan masukkan ke kotak suara sesuai warna yang ada di surat suara tersebut dan warna yang ada di kotak suara.”

Usai memberikan beberapa penjelasan, siswa diajarkan bagaimana tata cara menyalurkan hak suaranya di TPS pada tanggal 17 April mendatang. Kegiatan dimulai dengan saat mereka datang dan mengisi daftar hadir dengan menyerahkan formulir C6 dan KTP, dilanjutkan dengan antri dan menunggu giliran menerima surat suara, melakukan pencoblosan di bilik dan memasukkan surat suara yang telah tercoblos tersebut ke dalam kotak suara sesuai dengan pemilunya.

Acara yang merupakan rangkaian kegiatan Relawan Demokrasi Basis Disabilitas ini, juga memberikan hiburan berupa music elekton serta pembagian door prize untuk seluruh peserta. Di harapkan, suara gembira yang diciptakan saat sosialisasi ini, akan membuat siswa lebih nyaman untuk belajar mengenai beberapa kegiatan dalam pemilu serentak 2019 (DH)

 


 


TAG

Dipost Oleh komisioner kpu

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar

Tinggalkan Komentar