Logo
images

Pemilihan 2020, Pembelajaran Pemilu dan Pemilihan 2024

Jakarta, kpu.go.id – Ketua KPU RI Ilham Saputra mengatakan pelaksanaan Pemilihan Serentak 2020 di tengah pandemi Covid-19 adalah penyelenggaraan yang tidak mudah, namun berhasil dilaksanakan dengan baik oleh KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, serta seluruh jajaran penyelenggara pemilihan. Hal ini tentu dapat menjadi pembelajaran menyongsong pelaksanaan tahapan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024.

“Awalnya pelaksanaan 23 September 2020, namun datang pandemi Covid-19 di tengah tahapan, sehingga ada desakan untuk menunda pelaksanaan pemilihan dalam rangka menghindari penularan Covid-19. Selanjutnya disepakati di DPR untuk ditunda menjadi 9 Desember 2020,” ujar Ilham dalam Webinar Bedah Buku "Pilkada di Tengah Pandemi" yang diselenggarakan KPU Kota Bandar Lampung, Jumat (7/5/2021).

KPU mengatur semua tahapan ini sesuai protokol kesehatan, tambah Ilham. Hal ini tentu tidak mudah dan butuh perjuangan bersama semua unsur, baik itu penyelenggara pemilu, pemerintah, DPR dan Satgas Covid-19. Banyak prediksi dan pesmeis pemilihan bisa berjalan lancar, bahkan tingkat partisipasi diprediksi juga turun jauh. Namun, semua kekhawatiran-kekhawatiran tersebut tidak terbukti, bahkan pemilihan berjalan lancar dan aman.

“Upaya kita semua ini berhasil, bahkan tingkat partisipasi masih cukup tinggi, tidak seperti yang diperkirakan banyak orang. Bahkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana atau BNPN menyatakan tingkat kepatuhan masyarakat pada protokol kesehatan di TPS hingga 96 persen, sehingga tidak memunculkan klaster baru Covid-19 di TPS,” tutur Ilham.

Untuk itu, Ilham mengapresiasi usaha KPU Kota Bandar Lampung dalam menyusun Buku "Pilkada di Tengah Pandemi", karena buku ini menceritakan seluruh proses tahapan Pemilihan 2020, mulai dari perekrutan badan adhoc, distribusi logistik, hinga teknis pelaksanaan di lapangan. Buku ini dapat menjadi pembelajaran bersama untuk menyongsong penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024. (humas kpu ri arf/foto: ieam/ed diR).


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar