Logo
images

PELAKSANAAN E-VOTING TIDAK BERLAKU UNTUK PEMILIHAN KEPALA DAERAH DENGAN CALON TUNGGAL

Blitar,kpu.blitarkota.go.id. “Meskipun undang – undang memfasilitasi adanya E-Voting untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah, namun untuk daerah yang calon kepala daerahnya hanya satu pasangan calon, pemberian suara untuk  pemilihan tetap dengan cara mencoblos “ demikian disampaikan Herwidi Bastugito, divisi hukum KPU Kota Blitar, dalam kajian Undang-Undang nomor 10 tahun 2016 di Aula KPU Kota Blitar hari ini, Kamis 24 Nopember 2016.

“Sesuai ketentuan pasal 85, ayat 2b, disebutkan bahwa dalam hal hanya terdapat 1 (satu) pasangan calon yang mendaftar dan berdasarkan hasil penelitian pasangan calon tersebut dinyatakan  memenuhi syarat, pemberian suara untuk pemilihan sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dilakukan dengan cara mencoblos sebagaimana dimaksud dalam pasal 54C ayat (3)” lanjut Herwidi.

Dibagian lain Herwidi menyatakan, untuk penegasan lebih lanjut mengenai tata cara pemberian suara , ini, diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU)

Kegiatan rutin yang diadakan tiap minggu yaitu kajian peraturan perundang undangan  kembali digelar di aula KPU Kota Blitar, dan diikuti  oleh seluruh komisioner, Sekretaris, Kasubag beserta staff. Dan pada hari ini masih membahas Undang – undang nomor 10 tahun 2016 yang diantaranya adalah pasal 85  yang mana membahas pemberian suara untuk pemilihan dan pasal 133A  (LIS/ARD-310)


TAG Kpu

Dipost Oleh komisioner kpu

Komisioner Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar

Tinggalkan Komentar