Logo
images

PELAKSANAAN E-VOTING DISESUAIKAN DENGAN KESIAPAN PEMERINTAH DAERAH

Blitar, kpu.blitarkota.go.id. Blitar.kpublitar.go.id .Kegiatan rutin yang diadakan tiap minggu yaitu kajian peraturan perundang – undangan  kembali digelar di aula KPU Kota Blitar, dan diikuti oleh seluruh komisioner, Sekretaris, Kasubag  beserta staff. Dan pada hari ini masih membahas Undang – undang nomor 10 tahun 2016 yang diantaranya adalah pasal 85 .

Pemberian suara untuk Pemilihan dapat dilakukan dengan cara memberi tanda satu kali pada surat suara atau memberi suara melalui peralatan pemilihan suara secara elektronik.Pemberian tanda satu kali sebagaimana dimaksud pada pasal 85  ayat (1) huruf a dilakukan berdasarkan prinsip memudahkan Pemilih, akurasi dalam perhitungan suara dan efisiensi dalam penyelenggaraan Pemilihan. “demikian disampaikan Herwidi Bastugito, Divisi Hukum KPU Kota Blitar,  dalam acara kajian  Undang-Undang nomor 10 tahun 2016  di Aula KPU Kota Blitar, kamis  Siang, 24  November  2016.

Lebih lanjut Herwidi menyatakan “Pemberian suara secara elektronik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) huruf b dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan Pemerintah Daerah dari segi infrastuktur dan kesiapan masyarakat berdasarkan berdasarkan prinsip efisiensi dan mudah.”

Kajian  Undang- Undang No.10 tahun 2016 tentang Perubahan kedua atas Undang-undang Nomor 1 tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-undang kali, ini, merupakan yang ke-9 kali digelar dan masih akan digelar kembali pada pertemuan rutin kajian  undang undang berikutnya. (LS/ARD-309)