Logo
images

Partai Politik Sebagai Mitra Strategis KPU

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – Sebagai langkah dalam membangun komunikasi dan sinergi bersama partai politik di Kota Blitar, Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar melakukan audiensi ke kantor DPK Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Kota Blitar, Kamis (04/11). Kedatangan Ketua beserta Anggota didampingi oleh Sub Koordinator Teknis dan Hupmas KPU Kota Blitar disambut oleh jajaran pengurus DPK Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Kota Blitar.

“Kedatangan kami ini merupakan salah satu program yang kami canangkan sebagai langkah utama membangun komunikasi dan bersinergi dengan partai politik di Kota Blitar. Karena parpol ini merupakan mitra strategis KPU,”ujar Umam.

Lebih lanjut Umam menjelaskan kegiatan yang dilaksanakan KPU Kota Blitar selama tidak ada tahapan. KPU Kota Blitar berkewajiban untuk melaksanakan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan. Dalam hal ini KPU Kota Blitar mengajak kepada partai politik untuk berpartisipasi dalam penyebaran informasi mengenai DPB yang nantinya sangat penting dalam penyeleggaraan Pemilu maupun Pemilihan Tahun 2024.

“Kami berharap partai politik dapat meneruskan informasi ini kepada saudara maupun teman terdekat yang belum terdaftar dalam DPT untuk dapat melaporkannya ke KPU atau melalui online yang sudah tertera di website KPU Kota Blitar,”lanjut Umam.

Selain berkewajiban untuk memutakhirkan daftar pemilih, KPU Kota Blitar juga berupaya untuk tetap melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Salah satunya dengan menyelenggarakan Sekolah Demokrasi dan Elektorial Podcast.

“Diadakannya Sekolah Demokrasi ini sebagai upaya untuk memberikan pendidikan pemilh dengan mendatangkan narasumber dari Universitas di Jawa Timur dan yang menjadi peserta merupakan mahasiswa yang berstatus warga Kota Blitar. Selain itu kami juga memiliki wadah aspirasi untuk siapapun untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat melalui Elelktorial Podcast kami,”Rangga menambahkan.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Blitar Hernawan Mifakhul Khabib saat membahas mengenai program safari partai politik mengungkapkan jika kegiatan ini sebagai awal proses verifikasi partai politik dan pencalonan. Dalam penjelasannya Khabib menjelaskan jika tahapan pertama yang akan dihadapi oleh partai politik adalah verifikasi partai politik sebagai syarat keikutsertaan Pemilu Tahun 2024.

 “Kegiatan audiensi kepada partai politik ini merupakan program yang dicanangkan oleh Divisi Teknis. Kami berharap parpol mempersiapkan operator SIPOL untuk tahapan selanjutnya,”tutur Khabib.

Menanggapi pemaparan Ketua beserta Anggota KPU Kota Blitar, salah satu anggota PKPI menyambut baik program KPU yang melibatkan partai politik dalam proses penyelenggaraan pendidikan politik kepada masyarakat. “Dengan penyampaian ide pendidikan pemilih politik secara kekinian dan melibarkan para pemuda tentu akan menjadikan sosialisasi yang menyasar pemilih pemula dan pemilih muda ini dapat berjalan dengan baik. Kami sangat terima kasih sudah diberikan kesempatan untuk berpartisipasi dalam kegiatan pendidikan pemilih dan kami siap mengirimkan anggota-angota muda PKPI,”ucap pengurus PKPI.

Kegiatan ditutup dengan sesi diskusi mengenai informasi dan jadwal Pemilu Tahun 2024 serta persiapan penyiapan tenaga muda ahli dalam teknologi untuk partai politik. Di akhir sesi KPU Kota Blitar menyerahkan buku Dua Dekade Kota Blitar Memilih kepada PKPI. (Hms/Kot).


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar