Logo
images

Optimalkan Peran Medsos dalam Persebaran Informasi Kelembagaan

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – KPU sebagai lembaga publik memanfaatkan media social sebagai wadah eksistensi serta kinerja KPU dan memberikan informasi masa kini. Lebih dari itu, media social juga dapat dimafaatkan lembaga untuk memberikan informasi yang benar serta salah satu media publikasi dengan akses gratis dan sepanjang waktu. Tentunya hal ini harus dimanfaatkan dengan baik oleh semua lembaga terutama KPU.

“Peran media social ini bisa sebagai media eksistensi lembaga, kinerja KPU dan memberkan informasi kepada masyarakat. Jangan menganggap remeh dengan media social. Dalam penggunaannya juga pastikan bahwa berita yang disampaikan dengan benar dan dikelola dengan baik,”ujar Ilham dalam membuka kegaitan workshop Set Up Akun Facebook Gelombang I, Selasa (09/11).

Dilaksanakan secara daring, kegiatan workshop menghadrikan Putu Yudha selaku Manajer Kemitraan-Pemerintah, Politik dan Nirlaba META Asia Pasific. Sebagai narasumber tunggal, Yudha memberikan materi mengenai bagaimana set up akun Facebook lembaga dengan langkah-langkah yang benar.

“Kasus yang kemarin-kemarin itu banyak akun dari lembaga KPU yang dinonaktifkan permanen oleh system. Karena memang system kami akan menghapus jika memang tidak sesuai dengan pedoman komunitas layanan Facebook. Maka dari itu kami menginiasiasi kegiatan ini, agar lembaga KPU dapat mengelola akun Facebook dengan metode yang benar,”ujar Yudha.

Untuk mengelola halaman Fanspage, Yudha menjelaskan bahwa KPU wajib memiliki admin yang mengelola memiliki akun yang asli, otentik dan bukan bodong dengan menggunakan nama profil sesuai dengan kartu identitas. Hal ini dikarenakan system dari Facebook berusaha mendeteksi akun-akun palsu serta jika tidak  memenuhi  standart maka system akan menangguhkannya  secara permanen.

Lebih lanjut Yudha menyarankan kepada admin pengelola fanspage untuk memastikan penggunaan kata sandi yang kuat. Yudha juga merekomendasikan untuk mengganti kata sandi secara berkala dan jangan menggunakan kata sandi yang mudah ditebak orang lain.

Workshop kemudian dilanjutkan dengan berdiskusi dan tanya jawab mengenai kiat-kiat pengelolaan dan pengamanan Fanspage. Selain itu dengan adanya kegiatan ini operator media sosial Fanspage Facebook diharapkan operator mampu mengimplementasikan dalam persebaran informasi lembaga.(Hms/Kot).


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar