Logo
images

Nonton Bersama Peluncuran Tahapan Pemilu Tahun 2024

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – Berdasarkan UU Nomor 7 tahun 2017 pada Pasal 167 ayat (6) bahwa tahapan penyelenggaraan Pemilu dimulai paling lambat 20 bulan sebelum hari pemungutan suara, KPU RI meluncurkan tahapan Pemilu 2024 pada 14 Juni 2022, yang jika dihitung mundur ke hari pemungutan suara 14 Februari 2024, maka tepat 20 bulan.

Acara yang digelar di halaman kantor KPU RI itu dihadiri Ketua DPR RI dan sejumlah pejabat lainnya, Bawaslu RI, DKPP, perwakilan Partai Politik serta KPU Provinsi seluruh Indonesia dan disaksikan secara nasional melalui online oleh seluruh KPU Kab/Kota seluruh Indonesia. Ditandai dengan menyalakan sirine secara bersama-sama oleh KPU, DPR, Pemerintah dengan disaksikan lembaga penyelenggara Pemilu lainnya, peserta Pemilu, serta seluruh masyarakat Indonesia, tahapan Pemilu 2024 akhirnya resmi diluncurkan.

Sebelumnya pada sesi sambutan, Mendagri, Tito Karnavian, mewakili Presiden RI menegaskan komitmen pemerintah untuk mendukung sepenuhnya jadwal program dan tahapan Pemilu 2024 dengan memerintahkan Mendagri dan Menteri Keuangan untuk memberikan fasilitasi sebagaimana yg dibutuhkan.

Sementara itu, Ketua DPR RI memberikan sambutannya dan menegaskan komitmen tetap terselenggaranya dan tidak adanya penundaan Pemilu 2024 sebagaimana amanat UU 7 tahun 2017. Ia menegaskan pentingnya mengawal regularitas penyelenggaraan Pemilu, Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, juga menegaskan bahwa Pemilu harus menjadi sarana integrasi bangsa.

"Penting kita bersama-sama berkomitmen menjadikan Pemilu sebagai sarana integrasi bangsa, karena sebagai wujud dari Bhineka Tunggal Ika", tegas Hasyim.

Pada ruang yang berbeda, di KPU Kota Blitar, turut hadir menyaksikan peluncuran tahapan ini diantaranya Wali Kota Blitar dan sejumlah jajaran Forkopimda, Bawaslu Kota Blitar dan perwakilan Partai Politik.

Dalam kesempatan itu, baik Ketua KPU maupun Wali Kota Blitar, sama2 menegaskan pentingnya sinergi dalam mengawal tahapan Pemilu 2024 ini agar capaian partisipasi masyarakat dan kualitas penyelenggaraan bisa lebih baik serta kondusifitas tetap terjaga.(One foto : Hms/Kot).


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar