Logo
images

MUTAKHIRKAN DATA PEMILIH MELALUI SIDALIH

Blitar, kpu.blitarkota.go.id - KPU Kota Blitar terus melaksanakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dalam rangka menghadapi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur Tahun 2018 dan Pemilu Nasional Tahun 2019. Akurasi, komprehensifitas, dan kemutakhiran data pemilih merupakan hal yang krusial terutama berkaitan dengan jaminan bagi pemilih untuk dapat memberikan hak pilihnya dalam Pemilu. Kualitas data pemilih seringkali menjadi salah satu indikator yang signifikan dalam mempengaruhi tingkat partisipasi masyarakat.

Chairul Umam dari Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Blitar menegaskan, “KPU Kota Blitar telah berkomitmen untuk menyusun data pemilih yang berkualitas, oleh sebab itu kami melaksanakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan dengan terus memperbarui data pemilih termutakhir, melaksanakan sosialisasi kepada pemilih pemula, dan menyusun daftar kegiatan inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan akurasi data pemilih.” Setiap data pemilih selanjutnya akan diintegrasikan ke dalam Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih). Hal ini juga menindaklanjuti hasil Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur yang telah dilaksanakan 14-15 Juli 2017 di Blitar.

Sesuai dengan Surat KPU RI Nomor 412/KPU/VI/2017 perihal Perihal Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tanggal 20 Juni 2017, dengan dibukanya portal Sidalih tanggal 11 Juli 2017, maka setiap KPU Kabupaten/Kota wajib melaksanakan pemutakhiran data pemilih dan mengintegrasikannya ke dalam portal Sidalih.

KPU Kota Blitar sejauh ini telah melaksanakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan melalui portal Sidalih sesuai dengan jadwal kegiatan pemutakhiran, yaitu mulai tanggal 30 Juli – 15 Agustus 2017. Saat ini kegiatan yang dilakukan adalah menyaring pemilih TMS dan memperbaharui data pemilih dan selanjutnya mengunggahnya ke dalam Sidalih. (RIF/FUN/LUK)


TAG , , Pemilu, Kpu, , ,

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar