Logo
images

KUNJUNGAN BRI UNIT KARTINI KE RPP IR. SOEKARNO

Blitar, kpu.blitarkota.go.id. Rumah Pintar Pemilu (RPP) Ir. Soekarno KPU Kota Blitar menerima kunjungan dari BRI Unit Kartini Kota Blitar (5/6). Dalam kunjungan tersebut, BRI diwakili oleh Dwi Satriyo selaku Kepala BRI Unit Kartini, Helmi Azizi, dan Doni Suhardika. Sedangkan dari pihak KPU, hadir Setyo Budiono selaku Ketua KPU Kota Blitar dan Ummu Chairu Wardani dari Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat.

Kunjungan BRI Unit Kartini yang notabene merupakan lembaga keuangan kepada KPU Kota Blitar menunjukkan bahwa terdapat keterkaitan yang erat antara demokrasi dengan pembangunan perekonomian suatu negara. Dwi Satriyo menjelaskan bahwa KPU Kota Blitar dipilih sebagai representasi sebuah lembaga pemerintah yang mampu menerapkan prinsip-prinsip demokratisasi dalam penyelenggaraan negara di Kota Blitar. Selain itu, BRI Unit Kartini juga ingin mengetahui sejauh mana penerapan demokratisasi itu dalam sistem transparansi birokrasi guna mencapai akuntabilitas publik. Prinsip netralitas juga menjadi parameter penting dalam keberhasilan penyelenggaraan Pemilu. Dengan mengetahui penerapan prinsip-prinsip tersebut, diharapkan BRI Unit Kartini dapat membandingkan penerapannya dalam dunia bisnis, tentunya dengan harapan mampu meningkatkan kinerja dan tujuan organisasi maupun menyelaraskan tujuan dan kepentingan antara birokrasi dengan pihak swasta.

Kunjungan ini direspon dengan positif oleh KPU Kota Blitar. Ummu Chairu Wardani selaku divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat menjelaskan mengenai bagian-bagian dari RPP dan fungsinya dalam mengedukasi masyarakat dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih. Dengan adanya RPP diharapkan pemahaman masyarakat terutama di tingkatan pemilih pemula terhadap demokrasi dan kepemiluan menjadi lebih komprehensif sehingga mampu mendorong rasionalitas politik masyarakat ketika memberikan suaranya dalam Pemilu. Lebih lanjut Setyo Budiono menambahkan bahwa RPP Kota Blitar merupakan sarana bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi kepemiluan secara umum maupun data kepemiluan secara lebih mendetail, semua disajikan dengan baik sebagai salah satu bentuk transparansi dan pendidikan politik KPU Kota Blitar kepada masyarakat. (LUK/FUN)


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar