Logo
images

KPU KOTA BLITAR LAKSANAKAN SNAPSHOT DAN THR MELALUI SIDALIH

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – Komisi Pemilihan Umum secara resmi telah melaunching Sistem Informasi Daftar Pemilih (Sidalih) pada 11 Juli 2017. Hal ini mengacu pada Surat Nomor 412/KPU/VI/2017 tanggal 20 Juni 2017 perihal Tindak Lanjut Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. Surat tersebut juga mengatur alur kegiatan pemutakhiran di Sidalih, penganggaran entry data DPTb ke portal Sidalih pasca pemungutan suara, juga mengenai monitoring dan supervisi KPU Provinsi terhadap kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan di masing-masing Kabupaten/Kota.

Bersamaan dengan launching portal Sidalih, KPU Provinsi Jawa Timur telah mengadakan teleconference dan simulasi entry data melalui Sidalih. KPU Kota Blitar juga telah mengikuti secara aktif pembukaan portal Sidalih dengan mengikuti siaran teleconference di ruang audio visual Rumah Pintar Pemilu (RPP) Ir. Soekarno KPU Kota Blitar.

Tahapan selanjutnya dari alur kegiatan pemutakhiran melalui Sidalih adalah setiap KPU Kabupaten/Kota wajib melakukan Snapshot dan Tentukan Hasil Resmi (THR) tanggal 11 Juli 2017 sampai dengan 15 Juli 2017 sebelum melaksanakan pemutakhiran berkelanjutan. “Sesuai dengan surat KPU, KPU Kabupaten/Kota yang tidak melaksanakan Pemilihan Serentak tahun 2017 tetap harus melakukan Snapshot dan Tentukan Hasil Resmi (THR) sebelum melakukan pemutakhiran berkelanjutan. KPU Kota Blitar dalam hal ini termasuk KPU Kabupaten/Kota yang daerahnya tidak melaksanakan Pemilihan Serentak tahun 2017, oleh sebab itu setelah melaksanakan Snapshot dan THR, baru dapat melakukan pemutakhiran melalui Sidalih pada 15 Juli 2017 sampai dengan 15 Agustus 2017,” ujar Chairul Umam dari Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Blitar.

Sejauh ini proses Snapshot dan THR sedang dilaksanakan oleh KPU Kota Blitar. Operator Sidalih KPU Kota Blitar, Tefanni Sonatha mengatakan, “Proses Snapshot dan THR melalui Sidalih masih dalam proses penyesuaian sebab fitur dalam Sidalih masih belum aktif. Selain itu terdapat perubahan tampilan dalam aplikasi Sidalih, namun secara umum fitur-fitur yang disediakan masih sama dan familiar bagi operator. Semoga fitur snapshot segera aktif sehingga proses Snapshot dan THR dapat diselesaikan tepat waktu.” (RIF/LUK/SYA)


TAG , , , , , Kpu, , Pemilu

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar