Logo
images

KPU Kota Blitar Ikuti Sosialisasi Penyusunan dan Evaluasi SOP Administrasi Pemerintahan

Blitar, kpu.blitarkota.go.id- Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar mengikuti Sosialisasi Penyusunan dan Evaluasi Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi Pemerintahan, Selasa (7/6). Kegiatan dimulai tepat pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai melalui media daring. Diikuti oleh  Sekretaris KPU Kota Blitar, Henri Wijaya beserta seluruh anggota Tim Reformasi Birokrasi KPU Kota Blitar.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU Republik Indonesia ini merupakan upaya dalam rangka pelaksanaan reformasi birokrasi dan penguatan ketatalaksanaan di lingkungan KPU. Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana KPU Republik Indonesia, Nur Syafaat.

Asisten Deputi Kelembagaan dan Tata Laksana Bidang Politik, Hukum, Keamanan dan Pemerintah Daerah Kemenpan dan RB, Istyadi Insani dalam paparannya menjelaskan ada bebera perbedaan isi SOP dan proses bisnis. Menurutnya, jika dilihat dari segi outputnya, SOP menghasilkan output berupa satu kegiatan dan kegiatan serta ruang lingkupnya jelas. Sedangkan proses bisnis memiliki output kegiatan yang banyak.

Lebih lanjut, ia memberikan pemahaman tentang manfaat dan penting adanya SOP sebagai pedoman dalam melaksanakan tugas. “Dengan adanya SOP tentu ini akan memudahkan kita untuk melaksanakan kerja yang lebih terarah. Selain itu, hal penting lain dalam pelaksanaan SOP adalah konsistensi, komitmen, ada reward dan punishment,”jelas Istyadi.

Meskipun tidak semua kegiatan harus di SOP-kan, Istyadi mengungkapkan penyusunan SOP hanya kegiatan substansi saja. Dan ia juga mengingatkan jika SOP harus punya legalitas dalam bentuk keputusan.

Sebagai informasi, selain KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota yang menjadi peserta, terdapat peserta lain dari Deputi dan Inspektur Utama, Kepala Biro/Kepala Pusat/Inspektorat Wilayah, Kepala Bagian/Fungsional Ahli Madya, Kepala Sub Bagian/Fungsional Ahli Muda,  Pejabat Fungsional Ahli Madya, Ahli Muda, dan Pertama, dan Pelaksana pada Tim Reformasi Birokrasi Tahun 2022.(Hms/Kot One).


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar