Logo
images

KPU KOTA BLITAR DUKUNG TERWUJUDNYA TPS AKSES

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – Tercapainya Pemilu Akses bagi penyandang disabilitas merupakan salah satu target KPU dalam meningkatkan partisipasi pemilih, terutama berkaitan dengan persamaan hak bagi semua pemilih dalam memberikan suaranya dalam Pemilu. KPU dalam hal ini berupaya untuk menyediakan sarana dan prasarana yang mampu menjamin penyandang disabilitas menggunakan hak politiknya melalui TPS Akses.

“Pemilu Akses dapat diwujudkan dengan menjamin ketersediaan fasilitas bagi penyandang disabilitas yang bebas dari diskriminasi dan hambatan lainnya dalam menjamin partisipasi politik secara penuh. Dalam hal ini KPU harus menyediakan TPS yang aksesibel bagi penyandang disabilitas,” ujar Yudi dari AGENDA (General Election Network for Disability Acces) dalam Workshop Formulir Alat Bantu Periksa Pelaksanaan Pemilu Akses bagi Pemilih Penyandang Disabilitas di Hotel Santika Premier Surabaya, Kamis 20 Juli 2017.

Dalam workshop tersebut disampaikan pula mengenai 7 (tujuh) indikator terwujudnya TPS Akses yaitu:

  1. Akses jalan menuju TPS tidak berbatu, tidak bergelombang, tidak berumput tebal, dan tidak terhalang parit atau selokan;
  2. Lokasi TPS tidak bertangga, tidak bertingkat/berundak, tidak berumput tebal dan tidak berpasir;
  3. Pintu masuk dan keluar TPS memiliki lebar 90 cm atau lebih;
  4. TPS memiliki ruang yang leluasa;
  5. Meja bilik TPS memiliki ruang kosong di bawahnya dengan ketinggian cukup (75 cm s.d 100 cm);
  6. Meja kotak suara tinggi maksimal 35 cm dari lantai; dan
  7. Tersedia braille template.

 KPU Kota Blitar sendiri siap untuk mewujudkan Pemilu Akses dalam penyelenggaraan Pemilu di Blitar. “Penyediaan sarana dan prasarana Pemilu yang mendukung penyandang disabilitas dalam menggunakan hak pilihnya membuka ruang yang luas bagi terciptanya peningkatan partisipasi pemilih. Terwujudnya TPS Akses sangat mendukung kinerja KPU dalam upaya memberikan jaminan penggunaan hak pilih secara merata kepada semua pemilih, sehingga semakin meminimalisir hal-hal yang dapat menghambat pemilih dalam menyalurkan hak pilihnya,” ujar Mashudi dari Divisi Teknis KPU Kota Blitar. (RIF/FUN/LUK)


TAG Kpu, , , , , ,

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar