Logo
images

Ngopi bareng antara Kpu & Bawaslu Kota Blitar

KPU & BAWASLU PERSAMAKAN PERSEPSI , SE KPU RI No 1917

Blitar, kpu.blitarkota.go.id-Menindaklanjut turunnya SE. KPU RI No 1917/Pl.01.9.Sd/06/KPU/IX/2019 Tentang Tahapan Pencalonan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati,  Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Tahun 2020, Kpu lakukan koordinasi dengan Bawaslu Kota Blitar. Koordinasi sembari "ngopi bareng" di Kantor Bawaslu Kota Blitar pada , Selasa 17 September 2019 dari Kpu Kota Blitar diantaranya Ketua Kpu Choirul Umam, Hernawan Miftakhul Khabib Divisi Teknis , serta Divisi Perencanaan dan Data Ninik Sholikah, kehadiran Kpu Kota Blitar diterima langsung Ketua Bawaslu Bambang Arintoko dan Moh Ridwan Divisi Organisasi dan SDM.

Menurut Hernawan Miftakhul Khabib Komisioner Kpu Kota Blitar Divisi Teknis Penyelenggara Kegiatan ini dalam rangka melaksanakan kewajiban KPU Kota Blitar untuk melaksanakan koordinasi dengan Bawaslu Kota Blitar terkait turunya surat tersebut.

", Hal ini kita lakukan guna mempersiapkan tahapan penyerahan dukungan Pasangan Calon Perseorangan yang di laksanakan tanggal 11 Desember 2019 s/d 5 Maret 2020 yang di awali dengan Penetapan Jumlah Minimum Dukungan Persyaratan Dan Persebaran Pasangan Calon Perseorangan pada tanggal 26 Oktober 2019 yang dilakukan di internal Kpu Kota Blitar", ulas Khabib (17/09)

Koordinasi dengan pembahasan tentang perubahan dokumen dukungan pasangan calon perseorangan berupa Surat Dukungan (Formulir Model B.1-KWK Perseorangan) dimana apabila ada formulir selain yang sebagaimana terlampir pada SE KPU RI No 1917 tidak akan di hitung sebagai dukungan. Perubahan formulir terdapat pada penempelan foto copy KTP Elektronik pada Surat Pernyataan Dukungan (Formulir Model B.1-KWK Perseorangan) yang dulunya terpisah. Sehingga dokumen dukungan perseorangan akan lebih banyak sesuai dengan persyaratan dukungan calon perseorangan yang berdasarkan UU 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah menyebutkan Calon perseorangan dapat mendaftarkan diri sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati, Calon Walikota dan Wakil Walikota jika memenuhi syarat 10% dari DPT pemilu yang terakhir dan tersebar di 50% jumlah kecamatan di Kabupaten/Kota yang dimaksud. Adapun Prosentase 10% di ambil karena jumlah DPT Kota Blitar berada di bawah 250.000 jiwa, selain itu yang dicantumkan adalah Foto Copy KTP Elektronik, bukan Surat Keterangan dari Dispenduk Capil.

Hasil "ngopi bareng" antara KPU dan Bawaslu , dalam hal ini adalah melakukan penyamaan persepsi tentang pemahaman perubahan formulir dukungan pada Surat Pernyataan Dukungan calon perseorangan yang harapanya kegiatan pencalonan di Kota Blitar nantinya berjalan dengan lancar. (UM/KH/NN/EF)

Download disini : Formulir_Dukungan_perseorangan

 


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar