Logo
images

Kolaborasi RPP Ir. Soekarno Dengan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – Sinergitas antar lembaga pemerintah adalah sebuah upaya untuk menghasilkan kerjasama yang produktif serta gagasan baru dalam rangka meningkatkan pelayanan serta kebutuhan masyarakat.  Kamis (4/11), Komisi Pemilihan Umum Kota Blitar melaksanakan audiensi ke UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno, Jl. Kalasan No.1 Kota Blitar.

Ketua beserta Anggota didampingi Sub Koordinator Teknis dan Hupmas KPU Kota Blitar dalam kunjungannya diterima oleh Kepala Perpustakaan Bung Karno, Janti Suksmarini, MM beserta jajaran. Janti menyambut baik kedatangan KPU Kota Blitar dalam rangka menggalakkan budaya literasi di tengah masyarakat.

“Kami mengucapkan selamat datang di UPT Perpustakaan Bung Karno, dimana kami berupaya untuk menjadikan perpustakaan sebagai ruang terbuka bagi masyarakat untuk berbagi pengetahuan, bertukar pengalaman, dan mengasah keterampilan untuk meningkatkan kesejahteraan. Selain itu Perpustakaan Bung Karno ini ada sebagai bagian dari penyebarluasan ide dan gagasan pemikiran dari Bung Karno kepada masyarakat,”tutur Janti.

Sesaat setelah memperkenalkan diri, Janti menjelaskan apa saja program dan inovasi yang sedang dilaksanakan oleh Perpustakaan Bung Karno dimasa pandemic Covid-19. Salah satunya tentang safari literasi dan layanan antar jemput peminjaman yang bertujuan untuk menggelorakan pemikiran Bung Karno serta memberikan informasi kepada masyarakat terkait koleksi yang ada di Perpustakaan Bung Karno.

“Ditengah pandemic Covid-19 ini, Perpustakaan Bung Karno telah menerapkan terobosan baru yaitu pelayanan antar jemput peminjaman buku. Jadi masyarakat tetap bisa meminjam buku di perpustakaan melalui jasa layanan antar  jemput. Hal ini kami lakukan sebagai upaya untuk mencegah penularan Covid-19 dan masyarakat masih bisa mengakses buku di perpustakaan,”ujar Janti.

Lebih lanjut, Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam mengungkapkan kedatangannya bersama rombongan adalah mengajak UPT Perpustakaan Bung Karno untuk berkolaborasi dalam proses pendidikan pemilih melalui Rumah Pintar Pemilu (RPP) Ir. Soekarno. “Semangat Sang Proklamator dapat kita transferkan kepada generasi melalui peran perpustakaan Proklamator Bung Karno dan RPP Ir. Soekarno,”ujar Umam.

Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM KPU Kota Blitar Rangga Bisma Aditya menekankan kolaborasi antara RPP Ir. Soekarno dengan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno ini bisa diwujudkan dengan melakukan diseminasi gagasan-gagasan Bung Karno dan demokrasi elektoral meliputi literasi demokrasi dan tata kelola pemilu.  “Peran perpustakaan Bung Karno dalam diseminasi demokrasi elektoral, literasi demokrasi serta tata kelola kepemiluan sangat penting. Hal itu dipengaruhi oleh rate kunjungan dan antusiasme yang tinggi dari pengunjung yang bukan hanya warga lokal saja tetapi wisatawan luar Blitar,”tutur Rangga.

Dalam kunjungan ini banyak membahas mengenai rencana kerjasama dalam upaya membumikan literasi demokrasi melalui program pengembangan literasi dan pendidikan pemilih serta menggelorakan pemikiran-pemikiran Bung Karno melalui beberapa koleksi perpustakaan proklamator Bung Karno. Selain itu, lewat Rumah Pintar Pemilu (RPP) Ir. Soekarno dan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno mampu menelurkan sebuah gagasan yang nantinya diteruskan kepada KPU RI untuk melakukan kerjasama dengan Perpustakaan Nasional terkait diseminasi demokrasi electoral melalui Rumah Pintar Pemilu yang ditempatkan di Perpustakaan Nasional.(Hms/Kot).


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar