Logo
images

Kelas Teknis Pertemuan Ke-11 : Pembentukan Dapil & Analisis Perbandingan Metode Pembagian Kursi

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – Kamis (26/08) secara virtual KPU Kota Blitar mengikuti Kelas Teknis pertemuan ke -11 Menyongsong 2024. Edisi ke 11 kali ini membahas mengenai prinsip dalam pembentukan Dapil dan analisis perbandingan metode pembagian kursi dengan pendekatan Equal Suffrage.

Sesi pemaparan materi pertama disajikan oleh Upik Raudhotul Hasanah Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Probolinggo. Upik menuturkan jika ada 7 prinsip dalam pembentukan Dapil yakni pertama kesetaraan nilai suara, kedua ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, ketiga Proposionalitas, keempat integrasi wilayah, kelima berada dalam cakupan wilayah yang sama, keenam kohesivitas, dan yang terakhir adalah harus berkesinambungan.

“Dalam menetukan dapil dalam suatu wilayah, terdapat 7 prinsip yang dapat diaplikasin, selain itu kohesivitas yang berarti penyusunan daerah pemilihan memperhatikan sejarah, kondisi sosial budaya, adat istiadat dan kelompok minoritas juga harus menjadi pertimbangan,” ujar Upik.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kabupaten Pamekasan. Dengan menekankan urgency penataan dapil, amir menyampaikan bahwa pngat banyak sekali fenomena “over represented (kelebihan jumlah kursi) dan under represented (kekurangan jumlah kursi) yang terjadi di Indonesia.

“Sesuai dengan amanat UUD 1945 Pasal 27 Ayat 1 : segala warga negara bersama kedudukannya dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya, namun dalam pengimplementasiaanya masih banyak lahir fenomena kelebihan jumlah kursi atau kekurangan kursi dari jumlah yang seharusnya di tetapkan,” tutur Miftah.

“Kita dalam melakukan penataan dapil harus berpedoman pada 7 prinsip, yaitu kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integritas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama (coterminus), kohesivitas, dan kesinambungan,” tegas Miftah. (Hms/Kot).


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar