Logo
images

KEGIATAN PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN 2017

Blitar, kpu.blitarkota.go.id – Komisi Pemilihan Umum menerbitkan Surat Nomor 412/KPU/VI/2017 tanggal 20 Juni 2017 perihal Tindak Lanjut Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan. Surat tersebut menyampaikan beberapa hal mengenai peresmian pembukaan portal Sidalih yang rencananya akan dilaksanakan tanggal 11 Juli 2017. Berkaitan dengan itu, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota diminta untuk menyiapkan DPTb yang akan dimutakhirkan ke dalam Sidalih. Selain itu disampaikan pula mengenai kewajiban KPU Provinsi untuk melakukan monitoring dan supervisi terhadap kegiatan pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan di masing-masing Kabupaten/Kota.

Dijelaskan pula dalam lampiran mengenai alur kegiatan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yaitu bagi daerah yang melaksanakan Pemilihan serentak tahun 2017 dan daerah yang tidak melakukan Pemilihan serentak tahun 2017. KPU Kabupaten/Kota pada prinsipnya wajib melakukan Snapshot dan Tentukan Hasil Resmi (THR) sebelum melaksanakan proses pemutakhiran berkelanjutan pada masing-masing portal mulai tanggal 11 Juli 2017 sampai dengan 15 Juli 2017.

“Sesuai dengan surat KPU, bagi KPU Kabupaten/Kota yang tidak melaksanakan Pemilihan serentak 2017, maka ketika melaksanakan pemutakhiran harus menyaring pemilih TMS dan memperbarui data pemilih untuk kemudian diunggah ke portal Sidalih. Langkah selanjutnya adalah melakukan Snapshot dan THR DPHPB,” ujar Moch. Sapaat selaku Kasubbag Program dan Data KPU Kota Blitar. Hal ini dilengkapi oleh Chairul Umam dari Divisi Perencanaan dan Data bahwa “Semua satker harus sudah melaksanakan Snapshot dan THR hasil pemutakhiran data pemilih berkelanjutan yang dimulai 15 Agustus 2017 sampai dengan 1 September 2017, kemudian dapat meminta fitur di portal Sidalih di masing-masing Kabupaten/Kota dikunci agar tidak terjadi perubahan data.” (RIF/FUN/LUK)


TAG , , , Kpu, Pemilu, Pilkada, ,

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar