Logo
images

Diskusi Kajian Pemilu dan Demokrasi

KAJIAN PEMILU DAN DEMOKRASI, DISKUSIKAN DAMPAK GOLPUT

Blitar,kpu.blitarkota.go.id-Dengan mengangkat tema “Seberapa Berdampakkah Golput” , KPU Kota Blitar memfasilitasi Komunitas Muara Baca dan UKM Sejarah Unisba untuk Diskusi dan belajar bersama, bertempat Di Rumah Pintar Pemilu Ir Soekarno KPU Kota Blitar.

Diskusi kali ini Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam dan Komisioner Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Rangga Bisma Aditya secara bergantian menyampaikan beberapa kajian, sekaligus menjawab beberapa pertanyaan yang disampaikan, terkait seberapa besar dampak Golput di Masyarakat saat ini.

Choirul Umam menyampaikan , ini sebuah Diskusi yang sangat penting dengan harapan masyarakat bisa menyadari bahwa satu suara itu sangat penting dan satu suara adalah bentuk sebuah kedaulatan dari pemilih dalam Pemilu maupun Pemilihan di Indonesia.

“ Ada dua jenis Golput yang harus kita waspadai , yaitu Golput secara ideologis dan Golput dalam permasalahan teknis,” ungkap Choirul Umam (14/12)

Trend Golput bisa terbaca ketika Pemilihan (Pilkada) dan angka Golput akan menurun ketika Pemilu (Pilpres dan Pileg), dari sini KPU mengambil langkah guna meningkatkan tingkat partisipasi Masyarakat dengan dialogis maupun teknis sesuai dengan tahapan dalam Pemilihan atau Pemilu.

Mewakili Komunitas Muara Baca dan UKM Sejarah Unisba, Budi Kastowo mengajak agar sejak dini masyarakat untuk mengenali calon pemimpinnya, agar bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik dalam proses Pemilihan atau Pemilu yang terselenggara.

“Dengan mengenal siapa yang kita pilih , kita tentukan pilihan dan jangan Golput karena suara kita adalah saham yang kita titipkan pada sebuah Negara Indonesia. Dari itulah kita kawal bersama-sama pilihan atau suara kita,” kata Budi Kastowo.

Beberapa catatan Diskusi diatas merupakan kajian rutin dan diadakan setiap dua minggu sekali di Rumah Pintar Pemilu (RPP) Ir Soekarno KPU Kota Blitar. (UM/RA/EF)


TAG

Dipost Oleh operator website

Operator website

Tinggalkan Komentar